Selasa, 30 Maret 2010

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 60 Menit
Hari : Sabtu
Tanggal : 13 Maret 2010

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang pada huruf a, b, c, atau d !

1. Pada peta, puncak salju digambarkan dengan simbol warna ….
a. merah c. biru
b. hijau d. putih
2. Gambar jika terdapat pada peta menunjukkan simbol ….
a. segitiga c. kota
b. gunung d. piramid
3. Jika dalam peta tertulis skala 1 : 350.000 maka setiap 1 cm pada jarak adalah ….
a. 35 km c. 350 km
b. 0,35 km d. 3,5 km
4. Mata pencaharian masyarakat di tepi pantai pada umumnya sebagai ….
a. petani c. nelayan
b. pedagang d. pelukis
5. Kebiasaan membuang sampah di sungai akan menyebabkan ….
a. penyakit c. gempa bumi
b. tanah longsor d. banjir
6. Udara yang bersih dan segar pada umumnya kita rasakan di daerah ….
a. industri c. perkotaan
b. wisata d. pedesaan
7. Sumber daya alam di bawah ini yang tidak dapat diperbaharui adalah ….
a. air c. minyak
b. tanah d. hutan
8. Barang tambang nonlogam adalah ….
a. nikel c. belerang
b. minyak bumi d. batu kapur
9. Rotan sebagai hasil hutan dapat dimanfaatkan untuk ….
a. Kebutuhan rumah tangga c. bahan anyaman
b. Bahan baku mainan d. bahan industri kerajinan
10. Hasil kekayaan dari laut adalah ….
a. udang dan kerang c. pasir dan rumput
b. emas dan kerang d. belut dan kepiting
11. Aliran sungai yang luas dan dalam dapat digunakan sebagai sarana:
a. Komunikasi c. Transportasi
b. Pemacingan d. Hiburan
12. Beberapa tempat peniggalan sejarah dapat bermafaat sekali dalam bidang
a. Pendidikan c. Perdagangan
b. Perhubungan d. Perindustrian
13. Peningglan sejarah tertua berupa prasasti bercorak….
a. Hindu c. Budha
b. Islam d. Campuran
14. 10 Nopember diperingati sebagai hari...
a. Pahlawan c. Kemerdekaan
b.Kebangkitan Nasional d. Kartini

15. Sikap yang harus kita kembangkan bila menerima suatu kekalahan adalah...
a. Menangis c. Putus asa
b. Kecewa d. Jiwa besar

B. Tulislah B jika jawaban (Benar) dan S jika jawaban (Salah) !

1. Gambar lautan pada peta akan dilukiskan dengan warna biru. (...)
2. Segitiga merah pada gambar dalam peta merupakan simbol gunung berapi. (...)
3. Suatu peta mempunyai skala 1 : 300.000. hal ini berarti jarak 1 cm pada peta
sama dengan 3000 cm jarak sebenarnya. (...)
4. Jarak antara dua kota pada peta adalah 3 cm, sedangkan jarak sesungguhnya
adalah 450.000 cm. maka skala peta tersebut adalah 1: 2000 (...)
5. Air di lautan memiliki rasa yang khas, karena mengandung garam. (...)
6. Merupakan hasil perkebunan adalah kedelai (...)
7. Perindustrian banyak terdapat di pedesaan (...)
8. Ayam, kambing, dan sapi dihasilkan dari peternakan (...)
9. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika diambil dari bahasa sansekerta (...)
10. Gambar di samping merupakan (...)
tari dari daerah Bali










C. Cocokkanlah dijawaban dibawah ini dengan benar !

1. Terhadap budaya daerah lain di Indonesia kita berkewajiban untuk ….
2. Untuk melestarikan lagu daerah dapat dilakukan dengan cara ….
3. Apabila mendengarkan temanmu menyanyikan lagu dari daerahnya, sikapmu adalah ….
4. Turut menjaga kebersihan dan keutuhan benda sejarah ketika kita mengunjungi tempat tersebut termasuk ….
5. Memberikan coretan yang tak bermanfaat pada candi merupakan perbuatan ….
6. Bangunan untuk menyimpang berbagai peninggalan sejarah disebut ….
7. Tugu Muda merupakan saksi sejarah terdapat di kota ….
8. Suaka alam Ujung Kulon berada di provinsi ….
9. Kayu gelondongan merupakan kekayaan alam hasil ….
10. Hasil kekayaan dari laut adalah ….

Semarang
Menghargai
Museum
Tercela
Melestarikan benda sejarah
Senang dan saya menghormati
Lomba lagu daerah
Emas dan kerang
Hutan
Banten


D. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Dalam peta berwarna dataran tinggi digambarkan dengan warna….
2. Skala pada peta diwujudkan dalam bentuk angka dan….
3. Peta yang disajikan dalam bentuk buku disebut…
4. Hasil hutan yang banyak diambil adalah….
5. Contoh hewan ternak adalah…..
6. Tanah pertanian yang subur banyak terdapat….
7. Kalimat bhineka tungal ika diambil dari buku…
8. Hidup saling menghormati, kerjasama dan rukun akan membentuk ….
9. Pergaulan antar suku di Indonesia mengunakan bahasa….
10. Bersatu kita teguh bercerai kita….

E. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Jelaskan perbedaan Peta dan Atlas.
2. Sebutkan 4 hasil dari perkebunan!
3. Berilah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui!
4. Bagaimana sikap seorang pelajar menghargai peninggalan sejarah? Sebutkan 3 peninggalan sejarah yang ada diprovinsi tempat tinggalmu!
5. Siapakah yang wajib menjaga kelestarian peninggalan sejarah itu?
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 60 Menit
Hari : Sabtu
Tanggal : 13 Maret 2010

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang pada huruf a, b, c, atau d !

1. Pada peta, puncak salju digambarkan dengan simbol warna ….
a. merah c. biru
b. hijau d. putih
2. Gambar jika terdapat pada peta menunjukkan simbol ….
a. segitiga c. kota
b. gunung d. piramid
3. Jika dalam peta tertulis skala 1 : 350.000 maka setiap 1 cm pada jarak adalah ….
a. 35 km c. 350 km
b. 0,35 km d. 3,5 km
4. Mata pencaharian masyarakat di tepi pantai pada umumnya sebagai ….
a. petani c. nelayan
b. pedagang d. pelukis
5. Kebiasaan membuang sampah di sungai akan menyebabkan ….
a. penyakit c. gempa bumi
b. tanah longsor d. banjir
6. Udara yang bersih dan segar pada umumnya kita rasakan di daerah ….
a. industri c. perkotaan
b. wisata d. pedesaan
7. Sumber daya alam di bawah ini yang tidak dapat diperbaharui adalah ….
a. air c. minyak
b. tanah d. hutan
8. Barang tambang nonlogam adalah ….
a. nikel c. belerang
b. minyak bumi d. batu kapur
9. Rotan sebagai hasil hutan dapat dimanfaatkan untuk ….
a. Kebutuhan rumah tangga c. bahan anyaman
b. Bahan baku mainan d. bahan industri kerajinan
10. Hasil kekayaan dari laut adalah ….
a. udang dan kerang c. pasir dan rumput
b. emas dan kerang d. belut dan kepiting
11. Aliran sungai yang luas dan dalam dapat digunakan sebagai sarana:
a. Komunikasi c. Transportasi
b. Pemacingan d. Hiburan
12. Beberapa tempat peniggalan sejarah dapat bermafaat sekali dalam bidang
a. Pendidikan c. Perdagangan
b. Perhubungan d. Perindustrian
13. Peningglan sejarah tertua berupa prasasti bercorak….
a. Hindu c. Budha
b. Islam d. Campuran
14. 10 Nopember diperingati sebagai hari...
a. Pahlawan c. Kemerdekaan
b.Kebangkitan Nasional d. Kartini

15. Sikap yang harus kita kembangkan bila menerima suatu kekalahan adalah...
a. Menangis c. Putus asa
b. Kecewa d. Jiwa besar

B. Tulislah B jika jawaban (Benar) dan S jika jawaban (Salah) !

1. Gambar lautan pada peta akan dilukiskan dengan warna biru. (...)
2. Segitiga merah pada gambar dalam peta merupakan simbol gunung berapi. (...)
3. Suatu peta mempunyai skala 1 : 300.000. hal ini berarti jarak 1 cm pada peta
sama dengan 3000 cm jarak sebenarnya. (...)
4. Jarak antara dua kota pada peta adalah 3 cm, sedangkan jarak sesungguhnya
adalah 450.000 cm. maka skala peta tersebut adalah 1: 2000 (...)
5. Air di lautan memiliki rasa yang khas, karena mengandung garam. (...)
6. Merupakan hasil perkebunan adalah kedelai (...)
7. Perindustrian banyak terdapat di pedesaan (...)
8. Ayam, kambing, dan sapi dihasilkan dari peternakan (...)
9. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika diambil dari bahasa sansekerta (...)
10. Gambar di samping merupakan (...)
tari dari daerah Bali










C. Cocokkanlah dijawaban dibawah ini dengan benar !

1. Terhadap budaya daerah lain di Indonesia kita berkewajiban untuk ….
2. Untuk melestarikan lagu daerah dapat dilakukan dengan cara ….
3. Apabila mendengarkan temanmu menyanyikan lagu dari daerahnya, sikapmu adalah ….
4. Turut menjaga kebersihan dan keutuhan benda sejarah ketika kita mengunjungi tempat tersebut termasuk ….
5. Memberikan coretan yang tak bermanfaat pada candi merupakan perbuatan ….
6. Bangunan untuk menyimpang berbagai peninggalan sejarah disebut ….
7. Tugu Muda merupakan saksi sejarah terdapat di kota ….
8. Suaka alam Ujung Kulon berada di provinsi ….
9. Kayu gelondongan merupakan kekayaan alam hasil ….
10. Hasil kekayaan dari laut adalah ….

Semarang
Menghargai
Museum
Tercela
Melestarikan benda sejarah
Senang dan saya menghormati
Lomba lagu daerah
Emas dan kerang
Hutan
Banten


D. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Dalam peta berwarna dataran tinggi digambarkan dengan warna….
2. Skala pada peta diwujudkan dalam bentuk angka dan….
3. Peta yang disajikan dalam bentuk buku disebut…
4. Hasil hutan yang banyak diambil adalah….
5. Contoh hewan ternak adalah…..
6. Tanah pertanian yang subur banyak terdapat….
7. Kalimat bhineka tungal ika diambil dari buku…
8. Hidup saling menghormati, kerjasama dan rukun akan membentuk ….
9. Pergaulan antar suku di Indonesia mengunakan bahasa….
10. Bersatu kita teguh bercerai kita….

E. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Jelaskan perbedaan Peta dan Atlas.
2. Sebutkan 4 hasil dari perkebunan!
3. Berilah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui!
4. Bagaimana sikap seorang pelajar menghargai peninggalan sejarah? Sebutkan 3 peninggalan sejarah yang ada diprovinsi tempat tinggalmu!
5. Siapakah yang wajib menjaga kelestarian peninggalan sejarah itu?
FILSAFAT YUNANI KUNO
A. Pengertian Yunani Kuno
Yunani Kuno adalah periode dalam sejarah Yunani yang berlangsung kurang lebih seribu tahun dan berakhir dengan munculnya agama Kristen. Oleh sebagian besar sejarawan, peradaban ini dianggap merupakan peletak dasar bagi Peradaban Barat. Budaya Yunani merupakan pengaruh kuat bagi Kekaisaran Romawi, yang selanjutnya meneruskan versinya ke bagian lain Eropa.
Istilah "Yunani Kuno" diterapkan pada wilayah yang menggunakan bahasa Yunani pada zaman kuno. Wilayahnya tidak hanya terbatas pada semenanjung Yunani modern, tapi juga termasuk wilayah lain yang didiami orang-orang Yunani: Siprus dan Kepulauan Aegean, pantai Aegean dari Anatolia (saat itu disebut Ionia), Sisilia dan bagian selatan Italia (dikenal dengan Magna Graecia), serta pemukiman Yunani lain yang tersebar sepanjang pantai Colchis, Illyria, Thrace, Mesir, Cyrenaica, selatan Gaul, timur dan timur laut Semenanjung Iberia, Iberia, dan Taurica.
Peradaban Yunani Kuno sangat berpengaruh pada bahasa, politik, sistem pendidikan, filsafat, ilmu, dan seni, mendorong Renaisans di Eropa Barat, dan bangkit kembali pada masa kebangkitan Neo-Klasik pada abad ke-18 dan ke-19 di Eropa dan Amerika

B. Tokoh
Socrates (Yunani: Σωκράτης, Sǒcratēs) (470 SM - 399 SM) adalah filsuf dari Athena, Yunani dan merupakan salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat. Socrates lahir di Athena, dan merupakan generasi pertama dari tiga ahli filsafat besar dari Yunani, yaitu Socrates, Plato dan Aristoteles. Socrates adalah yang mengajar Plato, dan Plato pada gilirannya juga mengajar Aristoteles.
1. Riwayat hidup
Socrates diperkirakan lahir dari ayah yang berprofesi sebagai seorang pemahat patung dari batu (stone mason) bernama Sophroniskos. Ibunya bernama Phainarete berprofesi sebagai seorang bidan, dari sinilah Socrates menamakan metodenya berfilsafat dengan metode kebidanan nantinya. Socrates beristri seorang perempuan bernama Xantippe dan dikaruniai tiga orang anak.
Secara historis, filsafat Socrates mengandung pertanyaan karena Socrates sediri tidak pernah diketahui menuliskan buah pikirannya. Apa yang dikenal sebagai pemikiran Socrates pada dasarnya adalah berasal dari catatan oleh Plato, Xenophone (430-357) SM, dan siswa-siswa lainnya. Yang paling terkenal diantaranya adalah Socrates dalam dialog Plato dimana Plato selalu menggunakan nama gurunya itu sebagai tokoh utama karyanya sehingga sangat sulit memisahkan mana gagasan Socrates yang sesungguhnya dan mana gagasan Plato yang disampaikan melalui mulut Sorates. Nama Plato sendiri hanya muncul tiga kali dalam karya-karyanya sendiri yaitu dua kali dalam Apologi dan sekali dalam Phaedrus
Socrates dikenal sebagai seorang yang tidak tampan, berpakaian sederhana, tanpa alas kaki dan berkelilingi mendatangi masyarakat Athena berdiskusi soal filsafat. Dia melakukan ini pada awalnya didasari satu motif religius untuk membenarkan suara gaib yang didengar seorang kawannya dari Oracle Delphi yang mengatakan bahwa tidak ada orang yang lebih bijak dari Socrates. Merasa diri tidak bijak dia berkeliling membuktikan kekeliruan suara tersebut, dia datangi satu demi satu orang-orang yang dianggap bijak oleh masyarakat pada saat itu dan dia ajak diskusi tentang berbagai masalah kebijaksanaan. Metode berfilsafatnya inilah yang dia sebut sebagai metode kebidanan. Dia memakai analogi seorang bidan yang membantu kelahiran seorang bayi dengan caranya berfilsafat yang membantu lahirnya pengetahuan melalui diskusi panjang dan mendalam. Dia selalu mengejar definisi absolut tentang satu masalah kepada orang-orang yang dianggapnya bijak tersebut meskipun kerap kali orang yang diberi pertanyaan gagal melahirkan definisi tersebut. Pada akhirnya Socrates membenarkan suara gaib tersebut berdasar satu pengertian bahwa dirinya adalah yang paling bijak karena dirinya tahu bahwa dia tidak bijaksana sedangkan mereka yang merasa bijak pada dasarnya adalah tidak bijak karena mereka tidak tahu kalau mereka tidak bijaksana.
Cara berfilsatnya inilah yang memunculkan rasa sakit hati terhadap Sokrates karena setelah penyelidikan itu maka akan tampak bahwa mereka yang dianggap bijak oleh masyarakat ternyata tidak mengetahui apa yang sesungguhnya mereka duga mereka ketahui. Rasa sakit hati inilah yang nantinya akan berujung pada kematian Sokrates melalui peradilan dengan tuduhan resmi merusak generasi muda, sebuah tuduhan yang sebenarnya dengan gampang dipatahkan melalui pembelaannya sebagaimana tertulis dalam Apologi karya Plato. Socrates pada akhirnya wafat pada usia tujuh puluh tahun dengan cara meminum racun sebagaimana keputusan yang diterimanya dari pengadilan dengan hasil voting 280 mendukung hukuman mati dan 220 menolaknya.
Socrates sebenarnya dapat lari dari penjara, sebagaimana ditulis dalam Krito, dengan bantuan para sahabatnya namun dia menolak atas dasar kepatuhannya pada satu "kontrak" yang telah dia jalani dengan hukum di kota Athena. Keberaniannya dalam menghadapi maut digambarkan dengan indah dalam Phaedo karya Plato. Kematian Socrates dalam ketidakadilan peradilan menjadi salah satu peristiwa peradilan paling bersejarah dalam masyarakat Barat di samping peradilan Yesus Kristus.
2. Filosofi
Peninggalan pemikiran Socrates yang paling penting ada pada cara dia berfilsafat dengan mengejar satu definisi absolut atas satu permasalahan melalui satu dialektika. Pengejaran pengetahuan hakiki melalui penalaran dialektis menjadi pembuka jalan bagi para filsuf selanjutnya. Perubahan fokus filsafat dari memikirkan alam menjadi manusia juga dikatakan sebagai jasa dari Sokrates. Manusia menjadi objek filsafat yang penting setelah sebelumnya dilupakan oleh para pemikir hakikat alam semesta. Pemikiran tentang manusia ini menjadi landasan bagi perkembangan filsafat etika dan epistemologis di kemudian hari.
3. Pengaruh
Sumbangsih Socrates yang terpenting bagi pemikiran Barat adalah metode penyelidikannya, yang dikenal sebagai metode elenchos, yang banyak diterapkan untuk menguji konsep moral yang pokok. Karena itu, Socrates dikenal sebagai bapak dan sumber etika atau filsafat moral, dan juga filsafat secara umum.

Rabu, 24 Maret 2010

SUB UNIT 1
PEGERTIAN, TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN


Pengertian nilai
· Nilai sangat penting buat manusia sebagai tolak ukur
· Nilai adalah skala perbandingan
· Nilai itu mencerminkan kualitas/kelebihan seseorang
· Nilai itu artinya bermacam-macam

ü Dalam matematika nilai berarti besaran yang diwakili dengan angka
ü Dalam filsafat nilai adalah ukuran kepentingan atas sesuatu, yang dapat bersifat subjektif/objektif
ü Dalam budaya nilai adalah aturan, patokan, dan panduan dalam bertingkah laku
ü Dalam ekonomi nilai adalah harga pasar untuk sebuah barang/jasa yang bisa dijual

B. Pengertian penilaian

Penilaian adalah suatu kegiatan untuk membuat keputusan tentang hasil pembelajaran dari masing-masing siswa, serta keberhasilan siswa dalam kelas secara keseluruhan. Penilaian juga merupakan indikator keberhasilan guru dalam proses pembelajaran.
Sebagai calon guru hendaknya kita tahu perbedaan pengertian pengukuran dan penilaian. Pengukuran dalam kegiatan pembelajaran adalah suatu proses membandingkan tingkat keberhasilan dengan ukuran keberhasilan dalam pembelajaran yang telah ditentukan. Sedangkan penilaian dalam pembelajaran adalah proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan dalam pembelajaran melalui kegiatan pengukuran atau pembandingan dengan kriteria-kriteria yang berlaku.
Setelah memahami pengertian penilaian dan proses penilaian dalam kegiatan pembelajaran, kiranya kita juga perlu memahami kedudukan penilaian dalam proses pendidikan. Proses pendidikan sebenarnya merupakan proses memanusiawikan anak manusia. Oleh sebab itu, sebagai calon guru SD sebaiknya kita memahami bahwa proses pendidikan merupakan upaya untuk membudayakan dan memberadabkan anak manusia, sehingga terbentuk manusia yang berbudaya dan beradab dengan ciri memiliki kepribadian dan moral yang baik, yaitu moral yang sesuai dengan falsafah hidup bangsa dan negara itu sendiri. Dapat dikatakan pula bahwa proses pendidikan merupakan proses transformasi budaya (perubahan) dan peradaban untuk mewujudkan tujuan pendidikan.
Mungkin Anda juga ingin tahu, apa pengertian transformasi dalam pendidikan? Tranformasi dalam pendidikan adalah proses untuk membudayakan dan memberadabkan siswa sebagai anak manusia agar menjadi generasi penerus bangsa yang baik. Ukuran keberhasilan transformasi tersebut dapat diketahui melalui penilaian. Agar Anda dapat memahami secara lebih komprehensif tentang proses pendidikan, perhatikan bagan transformasi pendidikan berikut ini.


Bagan 3.1 Proses Pendidikan sebagai Proses Transformasi Budaya dan Peradaban

· Masukan. Masukan yang dimaksud di sini adalah siswa yang masuk ke sekolah tersebut. Masukan tersebut memiliki karakter yang beragam.
· Transformasi. Dalam proses pendidikan, siswa yang telah masuk sekolah tersebut akan memperoleh transformasi budaya dan peradaban.
· Keluaran. Pada akhirnya, transformasi budaya dan peradaban yang dilakukan dalam proses pendidikan tersebut menghasilkan keluaran. Keluaran yang diharapkan berupa manusia berbudaya dan beradab yang memiliki kepribadian dan moral yang baik sesuai dengan falsafah hidup bangsa.
· Umpan Balik. Umpan balik perlu dilakukan sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki kualitas masukan berikutnya dan proses pendidikan menyeluruh.
KOLERIS

I. PENGERTIAN KOLERIS
Koleris secara umum diartikan sebagai pribadi orang kuat. Ia pelaku sebuah pekerjaan dan selalu optimis. Ia berbakat sebagai pemimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, harus senantiasa memperbaiki kesalahan, kemauan kuat dan tegas, tidak emosional, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri. Ia senantiasa memancarkan keyakinan, bisa menjalankan apa saja, motivator yang hebat, berorientasi pada target, detail, teroganisir dengan baik, cenderung untuk mencari pemecahan yang praktis, bergerak cepat, mendelegasikan pekerjaan, menekankan hasil, dan kompetitif.
Sebagai teman, orang koleris ini cenderung kurang butuh teman, maunya memimpin, biasanya selalu (merasa) benar dan unggul dalam keadaan yang sifatnya darurat.

II. SIFAT-SIFAT UMUM KOLERIS
Orang Koleris yang Kuat adalah orang yang dinamis, memimpikan hal-hal mustahil dan bertujuan meraih bintang yang di luar jangkauannya. Koleris yang Kuat selalu mengincar, meraih, berhasil. Sementara orang Sanguinis bicara, orang Melankolis berpikir, orang Koleris yang Kuat mencapai. Dia punya watak yang paling mudah dipahami dan mudah diajak bergaul, selama anda hidup mengikuti peraturan emasnya : “Lakukan dengan cara saya, SEKARANG!”.
Orang Koleris yang Kuat mirip dengan Sanguinis yang Populer dalam hal mereka sama-sama mudah bergaul dan optimistis. Orang Koleris yang Kuat bisa berkomunikasi secara terbuka dengan orang lain, dan dia tahu segala-galanya akan beres – selama dia memegang pimpinan. Dia lebih banyak menyelesaikan pekerjaan daripada watak-watak lainnya, dan dia memberi tahu Anda dengan jelas di mana dia berdiri. Karena orang Koleris yang Kuat berorientasi tujuan dan mempunyai kualitas kepemimpinan bawaan, dia biasanya menanjak ke puncak karir apa saja yang dipilihnya. Mayoritas pimpinan partai politik dunia terutama orang Koleris yang Kuat.
Dilahirkan sebagai Pemimpin. Orang Koleris yang Kuat akan memperlihatkan sikap mengambil pimpinan sejak masa dini kehidupannya. Mereka dilahirkan sebagai pemimpin dan akan melihat ke luar dari terali ranjang bayinya serta merencanakan sepepat apa dia akan mengambil alih kekuasaan dari Ibu.
Sangat memerlukan perubahan. Orang Koleris yang Kuat serba bisa memaksa dan mereka merasa harus mengubah apa saja yang mereka lihat tidak pada tempatnya dan mengoreksi apa saja hal tidak benar yang diberlakukan terhadap orang yang tidak berdaya. Orang Koleris yang Kuat dengan cepat bangkit untuk melakukan perjuangan dan kampanye demi kebenaran. Mereka tidak pernah tidak peduli atau masa bodoh tetapi penuh perhatian dan penuh keyakinan.
Berkemauan Kuat dan Tegas. Pada saat orang lain tidak dapat mengambil keputusan, orang Koleris yang Kuat akan memutuskan dengan seketika. Mereka memecahkan masalah dan menghemat waktu, walaupun tidak semua orang menghargai ketegasan mereka.
Orang Koleris yang Kuat mempunyai peranan yang berat dalam kehidupan. Mereka memiliki jawabannya, mereka tahu apa yang harus dilakukan, mereka bisa membuat keputusan dengan cepat, mereka menebus orang lain keluar, tapi mereka jarang populer karena kepastian dan sifat asertif mereka membuat orang lain merasa tidak aman, dan kemampuan mereka untuk memimpin dengan mudah bisa membuat mereka tampak sok berkuasa.
Bisa Menjalankan Apa Saja. Orang Koleris yang Kuat bisa menjalankan apa saja, apakah mereka memiliki pengetahuan hukum sampingan atau tidak. Orang Koleris yang Kuat secara alami melihat jawaban yang praktis terhadap masalah hidup dan tidak bisa membayangkan mengapa tidak ada orang lainnya yang memikirkan gagasan yang tepat.
Berorientasi Tujuan. Orang Koleris yang Kuat selalu lebih tertarik untuk mencapai tujuan daripada menyenangkan orang lain. Ini merupakan hal yang sekaligus positif dan negatif, dalam hal bahwa mereka cenderung menuju puncak sendirian. Orang Koleris yang Kuat selalu melakukan pekerjaan secara lebih baik kalau mereka bisa menyingkirkan apa yang menjadi hambatannya. Mereka sering sekali menjadi penyendiri, bukan atas kemauan sendiri, tetapi karena tidak ada seorang pun yang bisa mendampingi mereka, dan mereka membiarkan orang lain tahu bahwa mereka merupakan rintangan bagi kemajuan.
Mengorganisasi dengan Baik. Orang yang tidak tahu kemana dia akan pergi tidak akan sampai ke sana, dan Orang Koleris yang Kuat adalah orang yang ahli dalam organisasi masalah seperti itu hingga dapat sampai ke tujuan dengan cepat dan tepat.
Mendelegasikan Pekerjaan. Aset orang Koleris yang Kuat yang terbesar adalah kemampuannya mencapai melebihi siapapun juga lainnya, dibantu oleh bakatnya mengorganisasi. Kalau dia melihat tugas, seketika dia tahu bagaimana tugas itu harus ditangani, dan dia membagi proyek-proyek itu menjadi bagian-bagian pekerjaan secara mental. Dia tahu bantuan apa yang akan diperolehnya dan dengan cepat dia membagi-bagi tugas di antara kelompok.
Berkembang Karena Tantangan. Orang Koleris yang Kuat bukan hanya suka mencapai tujuan, tetapi mereka juga berkembang karena tantangan. Kalau orang sanguinis berhasil dalam suatu tugas, dan seseorang mengatakan itu tidak bisa dilakukan, mereka mengucapkan terima kasih kepada orang itu, dan berhenti berusaha. Orang Melankolis yang Sempurna menyesali waktu yang mereka lewatkan dan merencanakan dan menganalisa situasi, dan orang Phlegmatis yang damai bersyukur kalau itu tidak dapat dilakukan, sebab sejak semula baginya hal itu kedengaran mirip sekali dengan pekerjaan. Tapi bagi orang Koleris yang Kuat, jika kita mengatakan itu mustahil, hal itu hanya akan menambah semangatnya untuk bisa melakukannya.
Tidak terlalu perlu teman. Sementara orang Sanguinis yang Populer membutuhkan teman sebagai pendengar, dan orang Melankolis yang Sempurna perlu teman yang memberikan dukungan, orang Koleris yang kuat tidak memerlukan siapa-siapa di sekelilingnya. Orang Koleris yang Kuat bekerja untuk kegiatan kelompok kalau ada tujuannya dan dengan senang hati akan terjun mengorganisasi kegiatan mengumpulkan dana, tetapi dia tidak perlu membuang waktu untuk mengobrol.
Biasanya Selalu Benar. Orang Koleris yang Kuat punya antena bawaan untuk mengindera situasi, dan dia akan membuat pengumuman hanya kalau dia tahu bahwa dia benar. Sementara ciri khasnya merupakan aset besar,orang lain yang berurusan dengan orang Koleris yang Kuat tidak selalu menghargai riwayat rekornya.
Unggul dalam Keadaan Darurat. Orang Koleris yang Kuat menyukai keadaan darurat, sehingga mereka bisa muncul dalam situasi yang tidap terduga dan memimpin seluruh kelompok menuju arah baru.
Sifat -sifat khas temperamen ini yang berbeda dengan temperamen lain adalah:
· lekas terbakar tetapi juga lekas padam atau tenang, tanpa membenci.
· tindakan-tindakannya cepat tetapi tidak konstan.
· selalu sibuk, tetapi dalam kesibukannya itu dia lebih suka memerintah daripada mengerjakannya sendiri.
· nafsunya yang terutama adalah mengejar kehormatan, suka sibu dimata orang banyak dan suka dipuji secara terang-terangan.
· suka pada sikap semu dan formal.
· suka bermurah hati dan melindungi, tetapi hal ini dilakukannya bukan karena dia sayang kepada orang lain, melainkan karena sayang kepada diri sendiri sebab dengan berbuat demikian itu dia akan mendapatkan penghargaan.
· dalam berpakaian selalu cermat dan rapi, kerena dengan demikian itu dia nampak lebih cendekia daripada yang sebenarnya.
III. Ringkasan kekuatan dan kelemahan Koleris yang Kuat
EMOSI
Kekuatan
a. Berbakat pemimpin
b. Dinamis dan aktif
c. Sangat memerlukan perubahan
d. Harus mengoreksi kesalahan
e. Berkemauan keras dan pasti
f. Tidak mudah patah semangat
g. Bebas dan mandiri
h. Mengesampingkan keyakinan
i. Bisa menjalankan apa saja

Kelemahan
a. Suka memerintah
b. Tidak sabar
c. Cepat marah
d. Tidak bisa santai
e. Terlalu bergairah
f. Tidak emosional
g. Menyukai kontroversi dan pertengkaran
h. Tidak mau menyerah kalau kalah
i. Terlalu kuat
j. Kaku
k. Tidak mau memuji
l. Tidak menyukai air mata dan emosi
m. Tidak simpatik



PEKERJAAN
Kekuatan
a. Berorientasi tujuan
b. Melihat seluruh gambaran
c. Serba teratur
d. Mencari pemecahan praktis
e. Bergerak cepat untuk bertindak
f. Mendelegasikan pekerjaan
g. Wawasan tentang produksi
h. Membuat tujuan
i. Merangsang kegiatan
j. Terdorong oleh penentangan
Kelemahan
a. Sedikit toleransi terhadap kesalahan
b. Tidak menganalisis perincian
c. Bosan oleh hal sepele
d. Banyak yang membuat keputusan tergesa- gesa
e. Bisa kasar atau tidak taktis
f. Memanipulasi orang lain
g. Menuntut orang lain
h. Tujuan menghalalkan cara
i. Kerja bisa menjadi tuhannya
j. Menuntut loyalitas bawahan


TEMAN-TEMAN
Kekuatan
a. Tidak begitu memerlukan teman
b. Mau bekerja untuk kegiatan kelompok
c. Mau memimpin dan mengorganisai
d. Biasanya benar
e. Unggul dalam keadaan darurat
Kelemahan
a. Cenderung memperalat orang lain
b. Mendominasi orang lain
c. Memutuskan untuk orang lain
d. Mengetahui segala-galanya
e. Bisa melakukan segala-galanya lebih baik
f. Terlalu mandiri
g. Ingin menguasai kawan dan teman hidup
h. Tidak bisa minta maaf
i. Mungkin benar, tetapi tidak populer

IV. MASALAH-MASALAH ORANG KOLERIS
1. Orang Koleris yang kuat adalah Pekerja Keras
Pemecahan 1 : Belajarlah rileks
Pemecahan 2 : Sadari bahwa Workaholic itu tak pernah baik bagi diri
Pemecahan 3 : Singkirkan tekanan dari orang lain
Pemecahan 4 : Rencanakan kegiatan di waktu senggang
2. Ingat! Anda bisa rileks tanpa perasaan bersalah
Orang Koleris yang Kuat harus terkendali
Pemecahan 1 : Menanggapi kepemimpinan orang lain
Pemecahan 2 : Jangan menyepelekan orang yang tidak lebih pandai.
Pemecahan 3 : Berhentilah Memanipulasi
3. Berhenti memanipulasi orang lain dan memanfaatkan orang lain
Orang Koleris yang Kuat tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain
Pemecahan 1 : Latihlah kesabaran
Pemecahan 2 : Simpanlah nasehat sampai ada yang memintanya
Pemecahan 3 : Perlunak cara pendekatan Anda
Pemecahan 4 : Berhenti bertengkar dan menimbulkan kesulitan bagi orang lain
4. Tidak seorang pun yang menyukai pembuat kerusuhan yang tidak sabaran dan Sok Berkuasa!
Orang Koleris yang Kuat Benar Tetapi Tidak Populer
Pemecahan 1 : Biarkan orang lain benar
Pemecahan 2 : Belajarlah minta maaf
Pemecahan 3 : Akuilah Anda Punya Kesalahan

V. Cara menyesuaikan diri dengan Koleris
1. Akuilah bahwa mereka berbakat pemimpin.Mereka adalah orang yang dilahirkan dengan kemampuan untuk memberikan pengarahan dan cinta untuk kepemimpinan. Mereka tidak bermaksud untuk memaksakan cara mereka, mereka hanya cepat melihat jawaban logis terhadap situasi apa dan mengandaikan Anda menginginkan apa yang benar.
2. Berkeraslah melakukan komunikasi dua arahSifat ingin mengontrol dari Koleris menyebabkan bagi teman hidupnya untuk mengemukakan suatu kemauan dalam kegiatan. Koleris biasanya akan memberikan perhatian juga kalau Anda jelas, dan ringkas, tegas namun ramah.
3. Ketahuilah mereka tidak bermaksud menyakiti.Karena orang Koleris mengeluarkan apa yang mereka pikirkan dengan seketika, tanpa memikirkan perasaan orang lain, maka mereka sering menyakiti perasaan orang lain. Jika menyadari bahwa mereka tidak bermaksud menyakiti, kita tidak akan mudah marah dan menjadi kesal karenanya
4. Jangan memaksa kemujuran Anda.Jika hubungan Anda berjalan lancar dengan orang Koleris, jangan mencari-cari kesulitan atau melakukan sesuatu yang mungkin mencetuskan reaksi negatif.
5. Berusaha membagi-bagi bidang tanggung jawabSupaya bisa menghindari kesulitan, Anda harus membuat orang Koleris membicarakan tanggung jawab keluarga yang diinginkannya, dan mana yang Anda kontrol. Orang koleris biasa menginginkan rencana yang praktis dan mereka tidak takut untuk bekerja, tetapi kalau tugasnya tidak jelas akan ada konflik.
6. Sadari mereka tidak penuh belas kasihanKoleris hanya berurusan dengan banyak realita dan kepraktisan, dan cenderung tidak melihat keperluan emosional harus dipenuhi.
7. Ketahuilah mereka selalu benar.Karena sejak kecil orang Koleris kuat tahu bahwa mereka benar. Mereka memiliki penilaian benar secara naluriah. Maka kalau Anda tidak yakin ke mana akan membelok, ikutilah kepribadian yang kuat.

VI. KORELIS DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Pada dasarnya orang koleris mempunyai sifat sebagai Pemimpin sehingga di dalam proses belajar mengajar dapat memimpin murid-murid agar dapat mengikuti pelajaran dengan baik.
Kedua, sangat memerlukan perubahan. Hal ini merupakan awal yang untuk membentuk situasi kelas yang nyaman dan tidak monoton. Siswapun menjadi tidak bosan dengan pelajaran yang diajarkan.
Ketiga, Berkemauan Kuat dan Tegas. Sebagai guru SD sifat ini berpengaruh dalam memutuskan suatu kebijakan yang berlaku di dalam suatu kelas. Tegas disini bukan memaksakan kehendak guru itu sendiri, melainkan untuk kebaikan murid – murid.
Keempat, Bisa Menjalankan Apa Saja. Maksudnya guru SD dituntut untuk menguasai berbagai mata pelajaran, sabar, dapat menjadi orangtua murid selama di Sekolah, menjadi tempat berbagi suka dan duka, dan menjadi contoh setiap tingkah lakunya.
Kelima, Berorientasi Tujuan. Dengan mempunyai tujuan – tujuan yang jelas maka pendidikan akan lebih terarah dan maju. Sehingga gurupun dapat mengarahkan anak didiknya untuk mencapai tujuan tersebut yaitu : mencerdaskan kehidupan bangsa.
Keenam, Mengorganisasi dengan Baik. Hal ini berhubungan erat dengan berorientasi tujuan. Dengan adanya organisasi yang baik maka tujuan akan cepat tercapai dan terlaksana.
Ketujuh, Mendelegasikan Pekerjaan. Dalam menyampaikan pelajaran, seorang guru dapat dengan cepat dan tepat, sehingga materi yang harus diajarkan cepat selesai dengan hasil yang baik. Siswa juga dapat memahami dan menerapkan pelajaran dengan baik.
Kedelapan, Berkembang Karena Tantangan. Sifat ini jarang sekali dimiliki oleh seorang guru. Jika ada guru yang mengatakan “Mustahil” maka guru yang koleris justru tertantang dengan hal itu.
Kesembilan, Unggul dalam Keadaan Darurat. Banyaknya masalah-masalah yang dihadapi, guru yang koleris akan selalu dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut.