Kamis, 14 Oktober 2010

1. Silahkan masing – masing buat RPP dengan salah satu model yang ada !
Jawab :
1. Saya memilih model pembelajaran kontekstual, karena dalam penyajian RPP ini memulai pelajaran dengan mengajukankan masalah yang rill bagi siswa kegiatan pembelajaran berlangsung secara interaktif, materi yang disampaiakn terkait dengan kehidupan sehari-hari

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
Alokasi Waktu : 4 × 35 menit
Pelaksanaan : 14 Oktober 2010

A. Standar Kompetensi
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 20
B. Kompetensi Dasar
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangansampai dengan 20
C. Indikator
1) Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan
2) Membaca dan menggunakan sombol +, –, dan =
3) Menjumlah dua bilangan tanpa menyimpan
4) Mengurangkan dua bilangan tanpa meminjam
5) Menjumlah dan mengurangi dengan bilangan nol
D. Tujuan Pembelajaran
1) Siswa dapat menyatakan masalah sehari-hari yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan.
2) Siswa dapat membaca dan menggunakan simbol +, – , dan =.
3) Siswa dapat menjumlah dua bilangan tanpa menyimpan.
4) Siswa dapat mengurangkan dua bilangan tanpa meminjam.
5) Siswa dapat menjumlah dan mengurangi dengan bilangan nol.
E. Materi Ajar
 Penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 5
F. Metode Pembelajaran
1) Demonstrasi
2) Informasi/Ceramah
3) Diskusi
4) Tanya jawab
G. Media pembelajaran
1) Benda-benda yang relevan di lingkungan sekolah.
2) Buku Matematika Gemar Berhitung 1A halaman 43–53.29 KTSP Gemar Berhitung SD 1A R1
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
 Pertemuan ke-1 (2 × 35 menit)
1) Kegiatan Awal
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
 Apersepsi: memberi motivasi dan pengetahuan prasyarat bilangan
2) Kegiatan Inti
 Guru mengawali dengan demonstrasi.
 Guru memegang 2 pensil di tangan kiri dan 1 pensil di tangan kanan. Berapa jumlah pensil yang saya pegang? Benarkah 3 pensil?
 Guru meletakkan 5 bola di atas meja, kemudian diambil 2 bola. Berapa banyak bola di atas meja sekarang? Benarkah 3 bola?
 Guru mengajak siswa berlatih soal pada buku siswa halaman 44.
 Guru mengajak siswa berdiskusi tentang membaca dan menggunakan simbol +, – dan = pada buku siswa halaman 45 serta latihan soalnya.
 Guru membuka kesempatan siswa bertanya.
3) Kegiatan Akhir
 Guru menyampaikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa akan materi yang diberikan.
 Guru memberi kata-kata pujian atas keikutsertaan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
 Guru memberi PR 3–5 soal.

 Pertemuan ke-2 (2 × 35 menit)
1) Kegiatan Awal
 Guru memberi dorongan dan semangat siswa mengikuti pelajaran.
 Guru mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya dengan beberapa pertanyaan.
2) Kegiatan Inti
 Guru mengajak siswa berdiskusi tentang penjumlahan dua bilangan tanpa menyimpan.
 Guru mengajak siswa mengerjakan latihan soal yang ada di buku siswa atau guru membuat soal sendiri.
 Guru mengajak siswa berdiskusi tentang pengurangan dua bilangan tanpa meminjam termasuk penjumlahan dan pengurangan dengan nol.
 Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa.
3) Kegiatan Akhir
 Guru memberi pertanyaan penjajakan secara acak kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran.
 Guru meminta siswa menyebutkan inti pembelajaran pada pertemuan kali ini di depan kelas.
I. Penilaian
1) Tertulis
Contoh soal:
a 1 rambutan + 1 rambutan = ... rambutan
b 2 rambutan + 2 rambutan = ... rambutan
c 1 salak + 2 salak = ... salak
d 1 salak + 3 salak = ... salak
e 1 salak + 4 salak = ... salak
f 2 jambu + 3 jambu = ... jambu
g 3 + 2 = ...
h 5 – 2 = ...
i 4 + 0 = ...
j 3 – 0 = ...

2) Kinerja/Perbuatan:
 Tingkah laku siswa, minat belajar, sikap, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
3) Produksi/Hasil:
 Penilaian guru terhadap hasil pekerjaan rumah dan latihan-latihan.
4) Penugasan/Proyek:
 Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan ke siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.
5) Portofolio
Contoh tugas portofolio:
 Tulislah penjumlahan yang hasilnya bilangan 5.
 Tulislah pengurangan yang hasilnya bilangan 2.


Salatiga, 14 Oktober 2010
Guru Pamong Praktikan


Nama : Nama :
NIP : NIP :


Mengetahui
Dosen Pembimbing Kepala Sekolah



Nama : Nama :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar