Rabu, 24 Maret 2010

SUB UNIT 1
PEGERTIAN, TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN


Pengertian nilai
· Nilai sangat penting buat manusia sebagai tolak ukur
· Nilai adalah skala perbandingan
· Nilai itu mencerminkan kualitas/kelebihan seseorang
· Nilai itu artinya bermacam-macam

ü Dalam matematika nilai berarti besaran yang diwakili dengan angka
ü Dalam filsafat nilai adalah ukuran kepentingan atas sesuatu, yang dapat bersifat subjektif/objektif
ü Dalam budaya nilai adalah aturan, patokan, dan panduan dalam bertingkah laku
ü Dalam ekonomi nilai adalah harga pasar untuk sebuah barang/jasa yang bisa dijual

B. Pengertian penilaian

Penilaian adalah suatu kegiatan untuk membuat keputusan tentang hasil pembelajaran dari masing-masing siswa, serta keberhasilan siswa dalam kelas secara keseluruhan. Penilaian juga merupakan indikator keberhasilan guru dalam proses pembelajaran.
Sebagai calon guru hendaknya kita tahu perbedaan pengertian pengukuran dan penilaian. Pengukuran dalam kegiatan pembelajaran adalah suatu proses membandingkan tingkat keberhasilan dengan ukuran keberhasilan dalam pembelajaran yang telah ditentukan. Sedangkan penilaian dalam pembelajaran adalah proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan dalam pembelajaran melalui kegiatan pengukuran atau pembandingan dengan kriteria-kriteria yang berlaku.
Setelah memahami pengertian penilaian dan proses penilaian dalam kegiatan pembelajaran, kiranya kita juga perlu memahami kedudukan penilaian dalam proses pendidikan. Proses pendidikan sebenarnya merupakan proses memanusiawikan anak manusia. Oleh sebab itu, sebagai calon guru SD sebaiknya kita memahami bahwa proses pendidikan merupakan upaya untuk membudayakan dan memberadabkan anak manusia, sehingga terbentuk manusia yang berbudaya dan beradab dengan ciri memiliki kepribadian dan moral yang baik, yaitu moral yang sesuai dengan falsafah hidup bangsa dan negara itu sendiri. Dapat dikatakan pula bahwa proses pendidikan merupakan proses transformasi budaya (perubahan) dan peradaban untuk mewujudkan tujuan pendidikan.
Mungkin Anda juga ingin tahu, apa pengertian transformasi dalam pendidikan? Tranformasi dalam pendidikan adalah proses untuk membudayakan dan memberadabkan siswa sebagai anak manusia agar menjadi generasi penerus bangsa yang baik. Ukuran keberhasilan transformasi tersebut dapat diketahui melalui penilaian. Agar Anda dapat memahami secara lebih komprehensif tentang proses pendidikan, perhatikan bagan transformasi pendidikan berikut ini.


Bagan 3.1 Proses Pendidikan sebagai Proses Transformasi Budaya dan Peradaban

· Masukan. Masukan yang dimaksud di sini adalah siswa yang masuk ke sekolah tersebut. Masukan tersebut memiliki karakter yang beragam.
· Transformasi. Dalam proses pendidikan, siswa yang telah masuk sekolah tersebut akan memperoleh transformasi budaya dan peradaban.
· Keluaran. Pada akhirnya, transformasi budaya dan peradaban yang dilakukan dalam proses pendidikan tersebut menghasilkan keluaran. Keluaran yang diharapkan berupa manusia berbudaya dan beradab yang memiliki kepribadian dan moral yang baik sesuai dengan falsafah hidup bangsa.
· Umpan Balik. Umpan balik perlu dilakukan sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki kualitas masukan berikutnya dan proses pendidikan menyeluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar