Rabu, 24 Maret 2010

KOLERIS

I. PENGERTIAN KOLERIS
Koleris secara umum diartikan sebagai pribadi orang kuat. Ia pelaku sebuah pekerjaan dan selalu optimis. Ia berbakat sebagai pemimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, harus senantiasa memperbaiki kesalahan, kemauan kuat dan tegas, tidak emosional, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri. Ia senantiasa memancarkan keyakinan, bisa menjalankan apa saja, motivator yang hebat, berorientasi pada target, detail, teroganisir dengan baik, cenderung untuk mencari pemecahan yang praktis, bergerak cepat, mendelegasikan pekerjaan, menekankan hasil, dan kompetitif.
Sebagai teman, orang koleris ini cenderung kurang butuh teman, maunya memimpin, biasanya selalu (merasa) benar dan unggul dalam keadaan yang sifatnya darurat.

II. SIFAT-SIFAT UMUM KOLERIS
Orang Koleris yang Kuat adalah orang yang dinamis, memimpikan hal-hal mustahil dan bertujuan meraih bintang yang di luar jangkauannya. Koleris yang Kuat selalu mengincar, meraih, berhasil. Sementara orang Sanguinis bicara, orang Melankolis berpikir, orang Koleris yang Kuat mencapai. Dia punya watak yang paling mudah dipahami dan mudah diajak bergaul, selama anda hidup mengikuti peraturan emasnya : “Lakukan dengan cara saya, SEKARANG!”.
Orang Koleris yang Kuat mirip dengan Sanguinis yang Populer dalam hal mereka sama-sama mudah bergaul dan optimistis. Orang Koleris yang Kuat bisa berkomunikasi secara terbuka dengan orang lain, dan dia tahu segala-galanya akan beres – selama dia memegang pimpinan. Dia lebih banyak menyelesaikan pekerjaan daripada watak-watak lainnya, dan dia memberi tahu Anda dengan jelas di mana dia berdiri. Karena orang Koleris yang Kuat berorientasi tujuan dan mempunyai kualitas kepemimpinan bawaan, dia biasanya menanjak ke puncak karir apa saja yang dipilihnya. Mayoritas pimpinan partai politik dunia terutama orang Koleris yang Kuat.
Dilahirkan sebagai Pemimpin. Orang Koleris yang Kuat akan memperlihatkan sikap mengambil pimpinan sejak masa dini kehidupannya. Mereka dilahirkan sebagai pemimpin dan akan melihat ke luar dari terali ranjang bayinya serta merencanakan sepepat apa dia akan mengambil alih kekuasaan dari Ibu.
Sangat memerlukan perubahan. Orang Koleris yang Kuat serba bisa memaksa dan mereka merasa harus mengubah apa saja yang mereka lihat tidak pada tempatnya dan mengoreksi apa saja hal tidak benar yang diberlakukan terhadap orang yang tidak berdaya. Orang Koleris yang Kuat dengan cepat bangkit untuk melakukan perjuangan dan kampanye demi kebenaran. Mereka tidak pernah tidak peduli atau masa bodoh tetapi penuh perhatian dan penuh keyakinan.
Berkemauan Kuat dan Tegas. Pada saat orang lain tidak dapat mengambil keputusan, orang Koleris yang Kuat akan memutuskan dengan seketika. Mereka memecahkan masalah dan menghemat waktu, walaupun tidak semua orang menghargai ketegasan mereka.
Orang Koleris yang Kuat mempunyai peranan yang berat dalam kehidupan. Mereka memiliki jawabannya, mereka tahu apa yang harus dilakukan, mereka bisa membuat keputusan dengan cepat, mereka menebus orang lain keluar, tapi mereka jarang populer karena kepastian dan sifat asertif mereka membuat orang lain merasa tidak aman, dan kemampuan mereka untuk memimpin dengan mudah bisa membuat mereka tampak sok berkuasa.
Bisa Menjalankan Apa Saja. Orang Koleris yang Kuat bisa menjalankan apa saja, apakah mereka memiliki pengetahuan hukum sampingan atau tidak. Orang Koleris yang Kuat secara alami melihat jawaban yang praktis terhadap masalah hidup dan tidak bisa membayangkan mengapa tidak ada orang lainnya yang memikirkan gagasan yang tepat.
Berorientasi Tujuan. Orang Koleris yang Kuat selalu lebih tertarik untuk mencapai tujuan daripada menyenangkan orang lain. Ini merupakan hal yang sekaligus positif dan negatif, dalam hal bahwa mereka cenderung menuju puncak sendirian. Orang Koleris yang Kuat selalu melakukan pekerjaan secara lebih baik kalau mereka bisa menyingkirkan apa yang menjadi hambatannya. Mereka sering sekali menjadi penyendiri, bukan atas kemauan sendiri, tetapi karena tidak ada seorang pun yang bisa mendampingi mereka, dan mereka membiarkan orang lain tahu bahwa mereka merupakan rintangan bagi kemajuan.
Mengorganisasi dengan Baik. Orang yang tidak tahu kemana dia akan pergi tidak akan sampai ke sana, dan Orang Koleris yang Kuat adalah orang yang ahli dalam organisasi masalah seperti itu hingga dapat sampai ke tujuan dengan cepat dan tepat.
Mendelegasikan Pekerjaan. Aset orang Koleris yang Kuat yang terbesar adalah kemampuannya mencapai melebihi siapapun juga lainnya, dibantu oleh bakatnya mengorganisasi. Kalau dia melihat tugas, seketika dia tahu bagaimana tugas itu harus ditangani, dan dia membagi proyek-proyek itu menjadi bagian-bagian pekerjaan secara mental. Dia tahu bantuan apa yang akan diperolehnya dan dengan cepat dia membagi-bagi tugas di antara kelompok.
Berkembang Karena Tantangan. Orang Koleris yang Kuat bukan hanya suka mencapai tujuan, tetapi mereka juga berkembang karena tantangan. Kalau orang sanguinis berhasil dalam suatu tugas, dan seseorang mengatakan itu tidak bisa dilakukan, mereka mengucapkan terima kasih kepada orang itu, dan berhenti berusaha. Orang Melankolis yang Sempurna menyesali waktu yang mereka lewatkan dan merencanakan dan menganalisa situasi, dan orang Phlegmatis yang damai bersyukur kalau itu tidak dapat dilakukan, sebab sejak semula baginya hal itu kedengaran mirip sekali dengan pekerjaan. Tapi bagi orang Koleris yang Kuat, jika kita mengatakan itu mustahil, hal itu hanya akan menambah semangatnya untuk bisa melakukannya.
Tidak terlalu perlu teman. Sementara orang Sanguinis yang Populer membutuhkan teman sebagai pendengar, dan orang Melankolis yang Sempurna perlu teman yang memberikan dukungan, orang Koleris yang kuat tidak memerlukan siapa-siapa di sekelilingnya. Orang Koleris yang Kuat bekerja untuk kegiatan kelompok kalau ada tujuannya dan dengan senang hati akan terjun mengorganisasi kegiatan mengumpulkan dana, tetapi dia tidak perlu membuang waktu untuk mengobrol.
Biasanya Selalu Benar. Orang Koleris yang Kuat punya antena bawaan untuk mengindera situasi, dan dia akan membuat pengumuman hanya kalau dia tahu bahwa dia benar. Sementara ciri khasnya merupakan aset besar,orang lain yang berurusan dengan orang Koleris yang Kuat tidak selalu menghargai riwayat rekornya.
Unggul dalam Keadaan Darurat. Orang Koleris yang Kuat menyukai keadaan darurat, sehingga mereka bisa muncul dalam situasi yang tidap terduga dan memimpin seluruh kelompok menuju arah baru.
Sifat -sifat khas temperamen ini yang berbeda dengan temperamen lain adalah:
· lekas terbakar tetapi juga lekas padam atau tenang, tanpa membenci.
· tindakan-tindakannya cepat tetapi tidak konstan.
· selalu sibuk, tetapi dalam kesibukannya itu dia lebih suka memerintah daripada mengerjakannya sendiri.
· nafsunya yang terutama adalah mengejar kehormatan, suka sibu dimata orang banyak dan suka dipuji secara terang-terangan.
· suka pada sikap semu dan formal.
· suka bermurah hati dan melindungi, tetapi hal ini dilakukannya bukan karena dia sayang kepada orang lain, melainkan karena sayang kepada diri sendiri sebab dengan berbuat demikian itu dia akan mendapatkan penghargaan.
· dalam berpakaian selalu cermat dan rapi, kerena dengan demikian itu dia nampak lebih cendekia daripada yang sebenarnya.
III. Ringkasan kekuatan dan kelemahan Koleris yang Kuat
EMOSI
Kekuatan
a. Berbakat pemimpin
b. Dinamis dan aktif
c. Sangat memerlukan perubahan
d. Harus mengoreksi kesalahan
e. Berkemauan keras dan pasti
f. Tidak mudah patah semangat
g. Bebas dan mandiri
h. Mengesampingkan keyakinan
i. Bisa menjalankan apa saja

Kelemahan
a. Suka memerintah
b. Tidak sabar
c. Cepat marah
d. Tidak bisa santai
e. Terlalu bergairah
f. Tidak emosional
g. Menyukai kontroversi dan pertengkaran
h. Tidak mau menyerah kalau kalah
i. Terlalu kuat
j. Kaku
k. Tidak mau memuji
l. Tidak menyukai air mata dan emosi
m. Tidak simpatik



PEKERJAAN
Kekuatan
a. Berorientasi tujuan
b. Melihat seluruh gambaran
c. Serba teratur
d. Mencari pemecahan praktis
e. Bergerak cepat untuk bertindak
f. Mendelegasikan pekerjaan
g. Wawasan tentang produksi
h. Membuat tujuan
i. Merangsang kegiatan
j. Terdorong oleh penentangan
Kelemahan
a. Sedikit toleransi terhadap kesalahan
b. Tidak menganalisis perincian
c. Bosan oleh hal sepele
d. Banyak yang membuat keputusan tergesa- gesa
e. Bisa kasar atau tidak taktis
f. Memanipulasi orang lain
g. Menuntut orang lain
h. Tujuan menghalalkan cara
i. Kerja bisa menjadi tuhannya
j. Menuntut loyalitas bawahan


TEMAN-TEMAN
Kekuatan
a. Tidak begitu memerlukan teman
b. Mau bekerja untuk kegiatan kelompok
c. Mau memimpin dan mengorganisai
d. Biasanya benar
e. Unggul dalam keadaan darurat
Kelemahan
a. Cenderung memperalat orang lain
b. Mendominasi orang lain
c. Memutuskan untuk orang lain
d. Mengetahui segala-galanya
e. Bisa melakukan segala-galanya lebih baik
f. Terlalu mandiri
g. Ingin menguasai kawan dan teman hidup
h. Tidak bisa minta maaf
i. Mungkin benar, tetapi tidak populer

IV. MASALAH-MASALAH ORANG KOLERIS
1. Orang Koleris yang kuat adalah Pekerja Keras
Pemecahan 1 : Belajarlah rileks
Pemecahan 2 : Sadari bahwa Workaholic itu tak pernah baik bagi diri
Pemecahan 3 : Singkirkan tekanan dari orang lain
Pemecahan 4 : Rencanakan kegiatan di waktu senggang
2. Ingat! Anda bisa rileks tanpa perasaan bersalah
Orang Koleris yang Kuat harus terkendali
Pemecahan 1 : Menanggapi kepemimpinan orang lain
Pemecahan 2 : Jangan menyepelekan orang yang tidak lebih pandai.
Pemecahan 3 : Berhentilah Memanipulasi
3. Berhenti memanipulasi orang lain dan memanfaatkan orang lain
Orang Koleris yang Kuat tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain
Pemecahan 1 : Latihlah kesabaran
Pemecahan 2 : Simpanlah nasehat sampai ada yang memintanya
Pemecahan 3 : Perlunak cara pendekatan Anda
Pemecahan 4 : Berhenti bertengkar dan menimbulkan kesulitan bagi orang lain
4. Tidak seorang pun yang menyukai pembuat kerusuhan yang tidak sabaran dan Sok Berkuasa!
Orang Koleris yang Kuat Benar Tetapi Tidak Populer
Pemecahan 1 : Biarkan orang lain benar
Pemecahan 2 : Belajarlah minta maaf
Pemecahan 3 : Akuilah Anda Punya Kesalahan

V. Cara menyesuaikan diri dengan Koleris
1. Akuilah bahwa mereka berbakat pemimpin.Mereka adalah orang yang dilahirkan dengan kemampuan untuk memberikan pengarahan dan cinta untuk kepemimpinan. Mereka tidak bermaksud untuk memaksakan cara mereka, mereka hanya cepat melihat jawaban logis terhadap situasi apa dan mengandaikan Anda menginginkan apa yang benar.
2. Berkeraslah melakukan komunikasi dua arahSifat ingin mengontrol dari Koleris menyebabkan bagi teman hidupnya untuk mengemukakan suatu kemauan dalam kegiatan. Koleris biasanya akan memberikan perhatian juga kalau Anda jelas, dan ringkas, tegas namun ramah.
3. Ketahuilah mereka tidak bermaksud menyakiti.Karena orang Koleris mengeluarkan apa yang mereka pikirkan dengan seketika, tanpa memikirkan perasaan orang lain, maka mereka sering menyakiti perasaan orang lain. Jika menyadari bahwa mereka tidak bermaksud menyakiti, kita tidak akan mudah marah dan menjadi kesal karenanya
4. Jangan memaksa kemujuran Anda.Jika hubungan Anda berjalan lancar dengan orang Koleris, jangan mencari-cari kesulitan atau melakukan sesuatu yang mungkin mencetuskan reaksi negatif.
5. Berusaha membagi-bagi bidang tanggung jawabSupaya bisa menghindari kesulitan, Anda harus membuat orang Koleris membicarakan tanggung jawab keluarga yang diinginkannya, dan mana yang Anda kontrol. Orang koleris biasa menginginkan rencana yang praktis dan mereka tidak takut untuk bekerja, tetapi kalau tugasnya tidak jelas akan ada konflik.
6. Sadari mereka tidak penuh belas kasihanKoleris hanya berurusan dengan banyak realita dan kepraktisan, dan cenderung tidak melihat keperluan emosional harus dipenuhi.
7. Ketahuilah mereka selalu benar.Karena sejak kecil orang Koleris kuat tahu bahwa mereka benar. Mereka memiliki penilaian benar secara naluriah. Maka kalau Anda tidak yakin ke mana akan membelok, ikutilah kepribadian yang kuat.

VI. KORELIS DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Pada dasarnya orang koleris mempunyai sifat sebagai Pemimpin sehingga di dalam proses belajar mengajar dapat memimpin murid-murid agar dapat mengikuti pelajaran dengan baik.
Kedua, sangat memerlukan perubahan. Hal ini merupakan awal yang untuk membentuk situasi kelas yang nyaman dan tidak monoton. Siswapun menjadi tidak bosan dengan pelajaran yang diajarkan.
Ketiga, Berkemauan Kuat dan Tegas. Sebagai guru SD sifat ini berpengaruh dalam memutuskan suatu kebijakan yang berlaku di dalam suatu kelas. Tegas disini bukan memaksakan kehendak guru itu sendiri, melainkan untuk kebaikan murid – murid.
Keempat, Bisa Menjalankan Apa Saja. Maksudnya guru SD dituntut untuk menguasai berbagai mata pelajaran, sabar, dapat menjadi orangtua murid selama di Sekolah, menjadi tempat berbagi suka dan duka, dan menjadi contoh setiap tingkah lakunya.
Kelima, Berorientasi Tujuan. Dengan mempunyai tujuan – tujuan yang jelas maka pendidikan akan lebih terarah dan maju. Sehingga gurupun dapat mengarahkan anak didiknya untuk mencapai tujuan tersebut yaitu : mencerdaskan kehidupan bangsa.
Keenam, Mengorganisasi dengan Baik. Hal ini berhubungan erat dengan berorientasi tujuan. Dengan adanya organisasi yang baik maka tujuan akan cepat tercapai dan terlaksana.
Ketujuh, Mendelegasikan Pekerjaan. Dalam menyampaikan pelajaran, seorang guru dapat dengan cepat dan tepat, sehingga materi yang harus diajarkan cepat selesai dengan hasil yang baik. Siswa juga dapat memahami dan menerapkan pelajaran dengan baik.
Kedelapan, Berkembang Karena Tantangan. Sifat ini jarang sekali dimiliki oleh seorang guru. Jika ada guru yang mengatakan “Mustahil” maka guru yang koleris justru tertantang dengan hal itu.
Kesembilan, Unggul dalam Keadaan Darurat. Banyaknya masalah-masalah yang dihadapi, guru yang koleris akan selalu dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar