RENCANA PELAJARAN 7.1
Tingkatan Nilai : 3
A. TOPIK: mengenal ulat (pelajaran unit1)
B. KRITERIA TUJUAN
Pada akhir pembelajaran ini, siswa harus dapat:
1. Mendemontrasikan kepercayaan dalam menangani seekor ulat.
2. Jelaskan secara umum penampilan dan perilaku seekor ulat.
C. MATERI
Untuk masing-masing siswa :
• 1ulat dalam gelas kertas
D. KEGIATAN BELAJAR
• MOTIVASI
"Lihatlah apa yang ada di tanganku."
• STANDAR BARU
Sebuah kelompok belajar kecil.
• PENGUMPULAN DATA
1. Berikan bimbingan untuk pengumpulan data: "lihat apa yang bisa Anda perhatikan."
2. Biarkan 15 menit.
3. Mengumpulkan bahan.
• PENGOLAHAN DATA
Tanyakan:
“Apa yang Anda ingat tentang ulat milik Anda? "
"Apakah ada sesuatu yang pemberitahuan yang berbeda?"
"Apa lagi yang Anda ingin untuk mencari tahu tentang ulat milik Anda?"
Tulis beberapa gagasan tentang ulat pada tabel catatan."
E. PENUTUPAN
"Besok kita akan melihat lebih dekat ulat yang kita ambil."
F. PENILAIAN
pengamatan informal
RENCANA PELAJARAN 7.2
A. TOPIK: Lihatlah Lebih Dekat ulat (Pelajaran 2 unit)
B. KRITERIA TUJUAN
Pada akhir kegiatan ini, siswa harus dapat:
1. Demonstrasikan penggunaan dari kaca pembesar untuk memeriksa rincian anatomi Ulat.
2. Jelaskan rincian spesifik anatomi ulat, seperti jumlah kaki, jumlah segmen, penampilan bagian mulut.
3. Menjelaskan atau menetapkan cara ulat ketika berjalan.
4. Membuat suatu gambar diperbesar sebuah ulat.
5. Bandingkan gambarnya sendiri dengan foto yang diperbesar dari ulat dan menjelaskan bagaimana menyelesaikan perbedaan pendapat antara keduanya (dengan memeriksa kembali para ulat sebenarnya).
C. MATERI
Untuk masing-masing murid:
• 1 ulat dalam gelas kertas.
• 1 kaca pembesar
• 1 lembar kertas gambar
Untuk setiap 4 siswa:
• 1 set krayon
Untuk setiap guru:
• Memperbesar foto sebuah ulat
D. KEGIATAN BELAJAR
• MOTIVASI
"Hari ini kita akan mengamati ulat dengan kaca pembesar."
• STANDAR PENINJAUAN ULANG
Sebuah kelompok belajar kecil
• PENGUMPULAN DATA
1. Memberikan bimbingan untuk pengumpulan data: "lihat apa yang baru Anda dapat setelah melihat rincian."
2. Distribusi ulat dan dibantu oleh monitor.
3. Biarkan 15 menit.
4. Monitor mengumpulkan ulat, bantu, dan krayon.
• PENGOLAHAN DATA
1. (Deskripsi temuan) Tanyakan: "Apa rincian baru apakah anda melihat?" "Berapa banyak kaki" "segmen Berapa banyak?
2. Mintalah sukarelawan untuk bertindak keluar bagaimana ulat berjalan.Diskusikan.
3. Bandingkan dengan gambar foto, meminta murid untuk melihat discrepanices antara gambar dan foto. Daftar pada kertas grafik untuk merujuk pada pelajaran berikutnya.
E. PENUTUPAN
"Kami akan menggunakan waktu berikutnya sebagai panduan untuk mengetahui lebih lanjut. Bagaimana Anda pikir kami akan melakukannya "Lihatlah ulat nyata untuk kita memutuskan?
F. PENILAIAN
pengamatan informal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar